Aplikasi Acourete untuk menurunkan background noise yang menggangu kualitas suara pada audio mobil

Aplikasi Acourete untuk menurunkan background noise yang menggangu kualitas suara pada audio mobil


Secara teori kita dapat mengatakan apabila dalam kendaraan kita terdapat noise room sebesar 60 dB dan di dalam mobil tersebut kita mendengarkan musik dari perangkat audio mobil dengan sound level rata – rata sebesar 100 dB maka kita dinamika real musik yang kita dengar adalah sekitar 40 dB. Jadi jika kita dapat menurunkan noise dalam kendaraan kita menjadi sebesar 50 dB maka kita dapat mendengar suara musik dengan lebih akurat dan detail.

Apabila kita telah menginvestasikan dana yang cukup banyak untuk membeli head unit, amplifier dan speaker yang baik yang di instal oleh installer kawakan tetapi hal tersebut belum optimal apabila selama perjalanan kualitas audio yang seharusnya dapat kita nikmati menjadi berkurang intensitasnya akibat tertutup oleh background noise yang terdapat di dalam kabin mobil kita.

MENGENAL NOISE PADA MOBIL
Apabila kita mendengarkan musik pada mobil kita maka noise yang kita dengarkan adalah:
– Engine Noise
– Road Noise
– Wind Noise
– Traffic Noise
– Enviromental Noise
– Interior Noise

Engine Noise adalah gabungan suara mesin, dudukan mesin dan suara knalpot yang terdengar dari dalam kabin mobil. Karakteristik engine noise adalah noise yang konstan selama mesin mobil dalam keadaan menyala. Noise ini berada pada frekuensi rendah dan level suara yang berubah – ubah sesuai dengan kecepatan radius putaran mesin. Level engine noise berbeda untuk setiap model mobil.

Road Noise adalah noise yang terjadi akibat gesekan ban mobil dengan aspal jalan. Karakter noise ini adalah noise yang konstan apabila mobil melaju dan hilang apabila mobil dalam keadaan berhenti. Noise ini berada pada frekuensi rendah dan level suara yang berubah – ubah sesuai dengan kecepatan mobil melaju. Level road noise berbeda untuk setiap model mobil.

Wind Noise adalah noise yang terdengar akibat gesekan udara dengan body dan kaca mobil. Karakter noise ini adalah noise yang konstan selama mobil melaju dengan kecepatan tertentu dan hilang apabila mobil tidak melaju. Noise ini berada pada frekuensi tinggi dan level suara yang berubah – ubah sesuai dengan kecepatan melaju kendaraan.

Traffic Noise adalah noise yang terjadi karena bising yang disebabkan oleh lalu lalangnya kendaraan di lalu lintas. Trafic Noise adalah gabungan antara engine noise, road noise, suara klakson, suara knalpot dan lain – lain. Traffic Noise memiliki frekuensi dan level suara yang berubah – ubah dengan interval kejadian yang tidak konstan.

Enviromental Noise adalah noise yang terjadi akibat kejadian alam dan kegiatan manusia di sekitar jalan raya. Noise yang di akibatkan oleh kejadian alam adalah suara angin, suara hujan dan sebagainya. Noise yang terjadi akibat kegiatan manusia misalnya kegiatan yang di lakukan oleh manusia seperti kegiatan perdagangan dan lain – lain.

Interior Noise adalah noise yang terjadi akibat suara – suara yang ditimbulkan di dalam kabin mobil. Bising pada interior bisa terjadi akibat beradunya dua benda yang di letakan dalam interior mobil, bunyi kursi mobil, bunyi hembusan angin pada kisi air condition dan bunyi – bunyi lainnya.

SOLUSI

Pemilihan Bahan
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih material insulasi bising yang dapat bekerja efektif untuk menghalangi noise masuk ke dalam kabin mobil. Material insulasi bising yang baik harus memiliki densitas yang tinggi, mampu meredam rambatan getaran dan dapat mengikuti kontur bodi mobil yang tidak rata.

Acourete Paint memiliki daya insulasi bising dan kemampuan untuk meredam rambatan getaran. Acourete Paint adalah material insulasi yang dapat di encerkan dengan air dan berwarna abu – abu tua apabila telah kering. Acourete Paint dengan massa jenis sebesar 1.3 apabila berwujud cairan dan menjadi 1.8 setelah kering dengan konten solid sebanyak 80%. Waktu untuk untuk mengeringkan permukaan adalah selama 3 jam dan untuk kering total adalah 24 jam.

Berikut adalah hasil pengujian Acourete Paint dengan ketebalan 2 mm pada pelat baja tebal satu mili.


NF adalah Natural Frequency dengan satuan Hertz dan LF adalah Loss Factor dengan satuan bilangan n.
Dan apabila table diatas disajikan dalam tampilan grafik maka terlihat grafik dibawah ini.

Garis hijau adalah getaran yang terjadi pada pelat baja 1 milimeter dan Garis merah adalah getaran yang terjadi pada pelat baja satu milimeter plus Acourete Paint 2 milimeter

Mengurangi level engine noise
Untuk mengurangi level gangguan yang di akibatkan oleh engine noise adalah dengan menyemprotkan Acourete Paint pada kap mesin seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

 

Mengurangi level road noise
Untuk mengurangi level gangguan bising yang diakibatkan oleh road noise adalah dengan menyemprotkan Acourete Paint pada spakbor ban mobil serta kolong mobil seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Demikian panduan singkat ” Aplikasi Acourete untuk menurunkan background noise yang menggangu kualitas suara pada audio mobil ” dalam upaya mengurangi gangguan noise pada di dalam mobil kita agar kita dapat menikmati perangkat hiburan di dalam mobil dengan lebih optimal.

VOKUZcom
Jl. Hayam Wuruk no 2R-S
Jakarta Pusat, 10120
Telp : 021 351 3 351
Fax: 021 345 8 143

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: